INSTAGRAM

Instagram

Sabtu, 22 April 2017

MASUK KEDALAM BIOS & MENGATUR BOOT MENU BIOS



MASUK KEDALAM BIOS & MENGATUR BOOT MENU BIOS

1. Untuk memasuki pengaturan BIOS, masing-masing motherboard memiliki pengaturan berbeda-beda. Caranya adalah sebelum memasuki logo Sistem Operasi ( Logo Windows / OS X / Linux ) kalian pencet salah satu tombol keyboard kalian yakni :

- F2, F11, F12, ESC, F10. F8, atau DEL.

 Sebelum memasuki logo Sistem Operasi, kalian harus menekan salah satu tombol tersebut

2. Jika kalian berhasil, kalian akan menemui sebuah menu BIOS yang kira-kira tampilannya seperti dibawah ini ( rata-rata tampilan menu BIOS kurang lebih sama untuk setiap motherboard )
 
3. Nah, apabila kalian ingin menginstall OS dalam media installasi CD / DVD ? USB FlashDisk, kalian tinggal atur saja boot menunya. Untuk mengaturnya, silakan kalian arahkan pada tab boot dengan cara menekan tombol arah pada keyboard.

Contohnya adalah dibawah ini :
3a. Install OS melalui CD/DVD / USB FD
Setelah kalian memasuki pilihan tab boot, dan kalian menginstall OS melalui media CD / DVD, kalian letakkan boot menu CD-ROM / DVD-ROM Drive dipaling atas. Caranya dengan memilih tulisan pada CD-ROM / DVD-ROM Drive --> Tekan F5 untuk menaikan menu boot CD ROM / DVD-ROM Drive keatas --> Tekan F10 & pilih YES. Setelah itu PC kalian akan restart dengan sendirinya.

Sedangkan untuk menginstall lewat FD, kalian letakkan saja pilihan Removable Devices dipaling atas. Biasanya bernama USB HardDrive / Nama FlashDisk kalian ( SanDisk, KingSton, Dlll ). ( Lihat gambar yang ada di nomor 2 ).

Sorot pada pilihan CD ROM / DVD-ROM Drive dan tekan F5


 



Jika sudah kalian tekan F10 dan klik YES





Setelah restart, nanti akan muncul dilayar seperti "press any button to boot from CD/DVD", kalian tekan tombol apa saja 

3. Jika kalian ingin melakukan pengaturan dari awal lagi setelah selesai install OS, cukup masuk kembali ke menu BIOS --> setelah di menu BIOS, kalian tekan F9 dan pilih YES --> Tekan ESC untuk keluar dari BIOS maka BIOS kalian akan kembali pada pengaturan awal.

SELESAI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar